0

Makan Daging dan Telur Bersama Pasien Suspect Flu Burung

Khawatir makan ayam gara-gara flu burung? Mahasiswa FKH UGM bekerjasama dengan Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (APAYO) punya kiat menepis kekhawatiran itu. Caranya dengan menggelar demo menyantap daging ayam bersama dengan Jajaran Dinas Peternakan dan Dokter RS. Dr. Sardijto Yogyakarta. Kampanye yang digelar di Bundaran UGM dan berakhir di RS. Dr. Sardjito Senin, 5 Februari 2007 berlangsung sangat ramai, tertib dan teratur. Tujuan diadakannya kampanye makan ayam dan telur tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat Yogyakarta untuk tidak takut makan daging ayam karena isu Flu Burung yang akhir-akhir ini banyak diberitakan dimedia masa.

“Jangan takut mengkonsumsi daging dan telur karena Flu Burung tidak ditularkan lewat makanan” Demikian dikatakan Ketua APAYO drh. Hari Wibowo dalam orasinya. Dia menegaskan, flu burung di Indonesia tidak menular ke manusia. Karena virusnya berupa avian influensa (AI) tipe A dengan reseptor berbeda yang bersifat tidak menular ke manusia. Dijelaskan Hari, yang rentan terserang flu burung adalah orang-orang yang berprofesi sebagai peternak ayam atau orang yang selalu berada di kandang ayam dan tukang potong ayam.
Melalui Kampanye yang dilakukan itu, masyarakat diharapkan untuk tidak cemas lagi mengkonsumsi daging ayam dan telur ayam ditengah terpaan isu flu burung yang melanda. Pihak Rumah Sakit diharapkan bisa memberikan pengertian yang jelas kepada masyarakat khususnya keluarga pasien dan pasien itu sendiri supaya tidak mengalami kekhawatiran dan tekanan psikis karena diduga terkena Flu Burung. Ketua Tim Pengendalian Penyakit Flu Burung RS. Dr. Sardjito D.I. Yogyakarta dr. Sumardi Mengngkapkan bahwa pasien suspect Flu Burung  di Sardjito juga diberikan menu daging dan telur ayam untuk memulihkan kondisinya. dr. Sumardi ketika menyambut kedatangan rombongan mahasiswa mengharapkan melalui kampanye simpatik makan daging ayam dan telur ayam masyarakat tetap kembali mengkonsumsi daging dan telur ayam mengingta sangat besar kandungan proteinnya untuk pertumbuhan dan kecerdasan bangsa.
Selain itu, yang lebih penting bagaimana melakukan komunikasi dengan masyarakat agar apa yang dirasakan saat ini dapat diselesaikan dengan cepat yang dilakukan secara bersama-sama. Diakuinya, bahwa selama ini perunggasan telah memberikan kontribusi yang besar dalam memberikan ketahanan pangan, khususnya protein hewani. “ Kita ketahui saat ini sekitar 75 persen protein hewani di konsumsi oleh masyarakat Indonesia, “ jelasnya. Disamping itu, lanjut Kasubdin, secara fisik sosial ekonomi bahwa perunggasan dapat memberikan dampak yang sangat besar atau memiliki arti penting bagi perekonomian Nasional di Indonesia, baik yang terkait penyerapan tenaga kerja maupun sebagai sumber penghasilan masyarakat serta industri. Disebutkan, secara politik mungkin komoditas unggas bisa disejajarkan dengan padi dan sektor pangan lainnya “Jadi, daging dan telur sebagai komoditas pangan harus terus diperjuangkan dan diusahakan dengan baik. sehingga akan terus meningkat produksinya.
Menjawab pertanyaan wartawan Ketua APAYO drh. Hari Wibowo menjelaskan, bahwa wabah virus flu burung yang telah meramaikan pemberitaan berbagai media belum diketahui secara past. “Flu burung tidak menular lewat makanan. “Tetapi lewat udara,” katanya sambil menjelaskan pernyataan dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO yang menyebutkan bahwa virus flu burung tidak ditularkan lewat konsumsi ayam dan telur. Dinas Pertanian, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tidak takut memakan ayam dan telur. Sedangkan kepada jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan diminta untuk terus mengawasi kesehatan baik manusia dan ternak dalam kaitannya dengan kasus flu burung.
Dalam Kampanye itu sekitar seribu lima ratus bungkus makanan dibagikan.secara gratis. Dalam kotak makanan berisi ayam bakar, telur rebus, kentang sambal, dan nasi timbel. Selain itu, seribu telur ayam dan puyuh juga turut dibagikan.-bagikan kepada masyarakat pengguna jalan, pengunjung, pasien serta Dokter dan tenaga medis ikut dalam acara kampanye makan daging dan telur ayam.

 

 

Oleh : Agung Wahyono

Filed in: Artikel Member

Get Updates

Share This Post

Recent Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 2014 Vet-Indo. All rights reserved.
Designed by Theme Junkie. Busana Muslim