0

Penyakit Mata

Penyakit mata tidak hanya dijumpai pada manusia, tapi banyak juga dijumpai pada anjing. Kasus yang terjadi pada anjing beraneka ragam, mulai kasus ringan hingga berat. Ketidaktahuan pemilik anjing akan penyebab penyakit mata sering berakibat bertambah parahnya gangguan pada mata anjing kesayangannya. Pemberian obat yang tidak benar atau obat-obatan yang beredar di pasaran, dapat menjadikan kerusakan mata lebih meluas. Sebagai contoh obat-obat tetes mata yang beredar bebas di pasaran tidak cocok untuk kasus glaucoma atau meningkatnya tekanan cairan bola mata. Bahkan bila pemberian yang berlebihan akan membuat rusaknya biji mata yang berakibat kebutaan. Untuk memahami berbagai kasus pada mata, setidaknya problema pada mata dibagi menjadi 2 bagian besar berdasarkan auto minya yaitu problem pada biji mata dan problem diluar bola mata.


Bagian penting dari mata yang sering mengalami gangguan yaitu cornea atau bagian terluar dari bola mata yang berupa lapisan tipis. Bagian ini sering mengalami luka (ulcercornea) karena berbagai hal, trauma atau infeksi bakteri. Dibelakang cornea terdapat cairan yang disebut anterior dumber yang seringkali tekanannya meningkat karena kenaikan limbah cairan yang ada disebut glaucoma. Tekanan cairan yang meningkat ini dapat menyebabkan lensa mata tertekan, sehingga terjadi kebutaan. Sedangkan yang dimaksud dengan katarak adalah keruhnya lensa mata yang bisa disebabkan faktor usia. Keradangan pada selaput pelangi atau iris sering disebut uveitis. Jadi jelas bahwa perlu hati-hati dalam menyebutkan perubahan magma pada mata karena tidak semua perubahan kornea adalah katarak.

Diluar bola mata problem gangguan yang sering ditemui misalnya mata belekan. Belekan adalah kotoran mata yang sering dijumpai pada sudut mata. Penyebab belekan beragam diantaranya karena benda asing atau karena melengkungnya kelopak mata berarah biji mata sehingga mata seperti tertusuk. Penyebab lain belekan dapat berupa infeksi kuman atau alergi sehingga mata terasa gatal. Umumnya bila terjadi infeksi atau alergi bagian dalam dari kelopak mata memerah atau meradang. Kasus belekan juga dapat terjadi karena tersumbatnya saluran mata.

Problem mata yang juga banyak dijumpai yaitu cherry eye atau keluarnya kelopak mata bagian tengah sehingga menonjol mirip buah cherry yang hanya bisa diatasi dengan tindakan operasi. Trauma yang sering terjadi karena pakula atau gigitan seringkali menyebabkan keluarnya bola mata. Pada kasus ini hanya menimpa anjing-anjing pekingese. Lepasnya bola mata harus segera ditangani dengan memasukkan kembali bola mata dan menjahit kelopak mata sehingga menahan bola mata keluar kembali. Pada kejadian yang berat adalah bola mata sudah tidak dapat berfungsi lagi maka sebaiknya dilepas atau diamputasi sehingga tidak dapat menyebabkan infeksi yang melanjut.

Dari uraian kasus mata diatas dapat disimpulkan bahwa perlu kehati-hatian dalam menangani problem mata karena tidak semua obat mata mampu mengatasi problem mata bahkan bila akan menyebabkan masalah yang lebih besar.

*diambil dari berbagai sumber

Filed in: Kasus Medis

Get Updates

Share This Post

Recent Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 2014 Vet-Indo. All rights reserved.
Designed by Theme Junkie. Busana Muslim