0

Perlunya Komunikasi Atasi Masalah Kesehatan Hewan

Masalah kesehatan hewan merupakan permasalahan yang harus diperhatikan oleh berbagai pihak, baik pemerintah, pelaku industri peternakan, masyarakat luas, maupun akademisi. Sejak manusia tercipta di muka bumi ini, permasalahan kesehatan hewan telah menjadi bagian penting untuk mewujudkan kesejahteraan, ketenangan, dan kebahagiaan manusia. 


Bahkan di beberapa daerah tertentu, hewan dijadikan sebagai makhluk hidup yang suci, agung dan sakral. Hal ini semakin menegaskan bahwa kesehatan hewan merupakan hal yang penting dan harus selalu diwujudkan serta dijaga keberadaannya.
Namun, ternyata definisi hewan menurut UU di negara ini masih terlalu sederhana dan sempit. Pengertian hewan seperti halnya yang tertuang dalam UU No 06 Tahun 1967 tentang Pokok-Pokok Peternakan dan Kesehatan Hewan, bahwa hewan adalah semua binatang yang hidup di darat, baik yang dipelihara maupun yang hidup secara liar. Sehingga makhluk hidup yang hidup selain di darat, seperti contohnya hidup di air (ikan, udang dan lain-lain) bukan termasuk hewan.
Meskipun definisi hewan menurut UU ini adalah istilah yang dipakai dalam UU yang bersangkutan, tentu hal ini perlu mendapat perhatian serius. Artinya, perlu pembenahan definisi, agar dalam mengatasi permasalahan kesehatan hewan, dasar dan acuannya menjadi jelas. Bahkan, ranah dan bidang kerja dari sektor yang terkait dengan masalah hewan pun tidak tumpang-tindih. Alhasil, hewan sebagai makhluk ciptaan Tuhan mempunyai manfaat dan faedah bagi bangsa ini.
Terkait hal ini, perlu kiranya kita mengajak segenap komponen, khususnya bidang yang terkait dengan masalah hewan seperti bidang kedokteran hewan, peternakan, perikanan, biologi dan kehutanan serta bidang yang lainnya untuk duduk bersama dalam sebuah forum komunikasi membahas dan memahami arti dan peranan masing-masing (minimal upaya ini berawal dari pihak akademisi/kampus) . Sehingga masalah tumpang-tindih peranan dan wewenang dapat dikomunikasikan dengan baik secara bersama.
Meskipun otoritas kesehatan hewan harus berada di tangan dokter hewan, namun upaya ini merupakan upaya konkret dan cukup baik untuk dilaksanakan, mengingat permasalahan kesehatan hewan merupakan permasalahan serius yang harus ditangani secara cepat, tepat dan berdasar keahlian profesi. Bukankah suatu perkara jika tidak diserahkan kepada ahlinya maka tunggulah kehancurannya?
Terlebih masalah kesehatan hewan bukan hanya berdampak pada hewan saja, namun lebih dari itu, akibat lemahnya kesehatan hewan terbukti berbagai zoonosis (penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya) seperti flu burung, antraks, rabies, tuberkolosis (TB) dan masih banyak lagi yang lainnya, secara pelan tapi pasti menjadi ancaman serius bagi bangsa ini.

Filed in: Berita Umum

Get Updates

Share This Post

Recent Posts

Leave a Reply

Submit Comment

© 2014 Vet-Indo. All rights reserved.
Designed by Theme Junkie. Busana Muslim